MERAIH SHALAT KHUSYU’

Juli 2, 2009 at 16:23

Alangkah nikmatnya menjalankan sholat dengan penuh kesejukan dan kekusyu’an. Shalat akan menjadi suatu dambaan dan selalu dinanti. Tapi sayang, terkadang sebagian dari kita tidak bisa meraih shalat khusyu’. Waktu sholat datang silih berganti, namun kualitas sholat kita justru semakin anjlok. Pada akhirnya shalat terasa berat dikerjakan. Na’udzubillah
Sebelum menuju ke mihrab shalatmu, ada beberapa hal yang mesti dipahami.

BERTAUBATLAH, TAUBAT NASUHA
Taubat adalah pintu menuju terbukanya gerbang rahmat Allah swt. Mohon ampunlah kepada Allah atas seluruh dosa, serta berjanjilah tidak akan mengulanginya lagi. Buka lembaran baru kehidupanmu dengan tekat dan komitmen yang kuat agar menjadi hamba Allah yang sejati. Tobat tanpa diiringi komitmen yg kuat sering kali mengalami kegagalan di tengah jalan.

TANAMKAN HAKIKAT LAA ILAHA ILLALLAH DI DALAM HATI
Buanglah seluruh ‘kebesaran’ makhluk di hatimu. Sucikan hati dari segala kepercayaan kepada makhluk. Penuhilah dadamu dengan satu kekuatan, satu tuhan, satu cinta, yaitu hanya Allah ‘azza wa jalla.
Singkirkanlah rasa cinta dunia dan perkara-perkara yang menghijabmu denganNya. Bagaimana shalat akan khusyu’ sementara kau yakin bahwa pekerjaanlah sumber segala rizki? Cukuplah Allah pemelihara seluruh kehidupan.

SEMPURNAKAN BERISTINJA’ DAN WUDHLU’
Shalat tidak akan sah bila wudhlu tidak sah. Wudhlu tidak sah bila salah dalam beristinja. Berhati-hatilah wahai saudaraku, banyak sekali orang yang tidak sah shalatnya karena ia kencing berdiri hingga ia terkena najis.
Sempurnakanlah setiap anggota tubuh yang wajib/sunnah wudhlu. Sebelum berwudhlu, bersiwaklah. ‘‘Bersiwak itu dapat membersihkan mulut dan mendapat keredhaan Allah.”[1]

PAHAMI APA YANG ENGKAU UCAPKAN KETIKA SHALAT
Kita akan mengerti apa yang kita ucapkan, apabila hal itu memang keluar dari lubuk hati yang terdalam. Boleh jadi lisan berkata, namun tiada makna, karena tidak paham dengan apa yg diucapkan. Maka, pelajari dan resapilah setiap makna bacaan shalatmu. Bagaimana Allah menurunkan rahmatNya, sementara engkau hanya berkomat-kamit tak menentu dan hatimu lalai mengingatNya?

YAKINI BAHWA ALLAH MENYAKSIKAN SHALATMU
Fokuskan dirimu hanya untuk Allah ketika shalat, dari takbir hingga salam. Jangan sampai ingatan-ingatan lain merasuk. Usahakan fikiran selalu ‘bersama’ Allah. Yakini Allah Maha Menyaksikan dirimu. Dia menginginkan dirimu hanya untukNya. Jangan kecewakan Allah karena shalatmu!

JAUHILAH SEGALA PERKARA HARAM
Allah itu Maha suci, sedang perkara haram itu ibarat sampah busuk. Maka, jauhilah perkara yang haram dan selalulah beristighfar setiap membuat kesalahan. Jauh dirimu dari makanan haram, perbuatan haram, pemandangan haram. Semoga Allah mengampuni saya yang banyak dosa ini.

JADIKAN DIRIMU SPECIAL KETIKA BERTEMU DENGANNYA
Gunakanlah pakaian yang baik. Sebaik-baik pakaian adalah pakaian sunnah. Allah tentu lebih tahu bagaimana membalas kebaikan hambanya. Bukankah tampil di depannya dengan keindahan adalah kebaikan? Allah Maha indah, dan mencintai keindahan [2]
Persiapkan diri sebaik-baiknya sebelum menghadapNya. Perhatikan tempat shalat dan waktu shalat. Pergilah ke masjid ketika shalat fardhu.

GUNAKAN SALAH SATU PENDAPAT IMAM MAHZAB
Para Imam Mahzab (rahimahullah) adalah orang-orang yang bersih ilmu agamanya. Gunakanlah salah satu pendapat mereka mengenai tata cara shalat. Berpalinglah dari cara-cara shalat orang-orang jahil. Shalat dengan bermahzab adalah shalatnya para salafusshalih dan Ahlus Sunnah Waljamaah

LATIH DENGAN SHALAT TAHAJJUD
Jika sholat seseorang baik maka, baik pula seluruh ‘amalannya. Maka, baikkanlah shalatmu dengan melatihnya bersama Allah di keheningan malam. Bacalah Al Quran dengan perlahan. Rasakan benar setiap gerakan dan ucapan.

ANGGAP INI ADALAH SHALATMU YANG TERAKHIR
Kematian adalah rahasia Allah. Setiap bernyawa pasti akan mati. Kita tidak tahu kapan dimana, mengapanya. Bayangkanlah dalam sholatmu, bahwa setelah shalat ini kau akan mati, dikafani, dimandikan, dishalatkan dan dikuburkan oleh ahli keluarga dan tetanggamu.

SELALULAH BERDOA KEPADA ALLAH AGAR DIBERI HAKIKAT SHALAT KHUSYU’
Segala kebaikan adalah milik Allah. Mintalah kebaikan atas shalatmu. Jika seluruh shalat makhluk Allah adalah kebaikan, maka tiadalah bandingannya dengan kebaikan sebutir debu di sisi Allah.
Rasulullah selalu berdoa: Ya Allah, hamba berlindung dari hati yang tidak khusyu’, amalan yang tidak diterima, dan do ‘a yang tidak diijabah.
Saudaraku, kita yang banyak dosa inilah yang sebenarnya lebih pantas berdo’a seperti itu. Bahkan lebih. Maka, mintalah kepada Allah akan memberikan hati yang khusyu’. Jika tidak, apakah engkau merasa lebih mulia dari pada Rasulullah? Na’udzubillah.
Demikianlah. Allah tidak akan merubah dirimu, sebelum engkau merubah komitmen yang ada pada dirimu sendiri. Jika engkau mendatangiNya dengan berjalan, Allah akan mendatangimu dengan berlari. Jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepada hamba-hambaNya. Wallahu’alam

Entry filed under: keislaman, Uncategorized. Tags: .

CEWEK SEXS MENCARI CINTA MAKALAH INDAHNYA MENUNTUT ILMU


Blog Stats

  • 46,312 hits

asmaul husna

INGKANG BADHE
KULIAH GRATISSS...
klik gambar


gif-hendy

RSS Kuliah Gratis “BEC”

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Bagi – bagi dg Blog

Bookmark and Share

FLAG FRIENDS


%d blogger menyukai ini: